Rabu, 09 Oktober 2013

KELOMPOK PERLINDUNGAN ANAK DESA ( KPAD          
DESA KEBAKALAN KEC. KARANGGAYAM

Asallamu’alaikum Wr.Wb
    Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat hidayah dan inayahnya sehingga kami Kelompok Perlindungan Anak Desa (KPAD) Desa Kebakalan, Kec. Karanggayam, Kab. Kebumen telah dapat menyusun sejarah terjadi adanya KPAD yang telah di bentuk mulai bulan Desember 2010 sampai sekarang.
    Sehubungan program Plan Indonesia yang masuk di Desa Kebakalan mulai  Tahun 2004 sampai sekarang 2013 dan Plan adalah suatu Organisasi Internasional mengembangkan masyarakat dan kemanusiaan, yang berpihak kepada Anak tidak membedakan Agama, Bangsa, Suku, Budanya dan Politik.
    Dengan program Seponsor Sip Anak merupakan dasar Organisasi, Plan mengawali kegiatan di Desa kami Kebakalan, yang berkomitmen untuk secara aktif melindungi Anak. Menjamin sepenuhnya, terpenuhi Hak-Hak Anak sesuai dengan UU No 23 th 2002 Tentang Perlindungan Anak dan UU No 23 th 2004 Tentang KDRT dan KHA. Antara lain , Hak Hidup, Hak Tumbuh Kembang, Hak Partisipasi dan Melindungi Exploitasi bahaha, Kekerasan, Penelantaran, langkah-langkah Plan untuk melakukan upanya pencegahan jangan sampai terjadinya pelanggaran Hak-Hak Anak.
    Maka Plan mefasilitasi pembentukan KPAD/KPAK, di 4 Kecamatan-Kecamatan atau 15 Kelompok KPAD. Termasuk kelompok KPAD Desa Kebakalan Kec. Karanggayam pada bulan Desember 2010 dengan nama KPAD BUDI LUHUR yang harapanya KPAD dapat melaksanakan tupoksinya  yang berdampak pada KPAD dan Anak-Anak supanya membentuk mental yang berkarakter menjadi anak yang berkualitas yaitu Taqwa, Mandiri, Cerdas, dan Trampil.
    Allhamdulilah KPAD Desa Kebakalan di tanggapi baik dari unsur Toma, Pemdes, Toga, para lembaga dan mereka selaku KPAD,  yang saat  itu  Kepala Desa di Jabat oleh Bapak Mistam B.Sc, Sehingga KPAD Kebakalan berjalan lancar, sampai kepengurusan sudah dibuatkan SK. Adapun pendanaan juga tidak ada masalah dapat di alokasikan dana ADD mulai tahun 2012, 2013 sekaligus untuk kelompok Anak pun didanai dana ADD dari tahun 2012 sampai 2013, penggunaan dana untuk pendampingan KPAD, OPS dan KPAD dalam rangka kegiatan KPAD sesuai dengan programnya dan kelomok anakpun ikut partisipasi dalam KPAD.
    Mempunyai peran dan poksinya anak. Adapun kelompok anak diberi nama TUNAS MAJU dengan harapan anak sebagai generasi penerus bangsa selaku aset Negara yang dapat menjadi generasi penerus yang CERIA. Yang artinya CERDAS, ENERJIK, RIANG, INOFATIF dan ANGKIT.
    Namun ini semua tidak semudah yang diharapkan. Ternyata kami KPAD masih banyak mengalami kendala dan masalah-masalah yang kami hadapi dan ini semua apa yang menjadi masalah kita musyawarahkan dan akhirnya ada jalan keluarnyajustru masalah-masalah dan kendalaan ini bagian tantangan kita supaya KPAD matang untuk menghadapi masalah,dapat menambah dewasa, dapat untuk efaluasi pada KPAD yang masih kurang pada dalam melangkah melaksanakan tupoksinya.
-    Tidak mudah putus asa
-    Masih perlu semangat
-    Masih perlu kekompakan antar pengurus KPAD
Allhamdullilah setelah KPAD di adakan pendampingan KPAD / Pelatihan maka kami dari KPAD menjadi lebih semangat, kompak akan melaksanakan tupoksi KPAD
Demikian keberadaan KPAD Desa Kebakalan semoga dapat bermanfaat anak selaku penerus Bangsa, Agama, dan mohon ma’af atas kekurangan kami dan sudilah untuk menberi saran dan kritik .
Wassallamu’alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar