Rabu, 09 Oktober 2013

PERJALANAN DAN ASAL MULA KPAD DESA PESUNINGAN “ABDI PAMBAYUN”

Alhamdulillah,semoga rahmat dan hidayahnya selalu menyertai kita semua. Selawat serta salam tercurah kepada uswa khasanah kita nabi muhamad SAW .
Pada tahun 2009,Plan merancang sebuah perlindungan anak berbasis mayarakat melalui mkanisme melalui perlindungan anak berbasis masyarakat(PABM),berubah menjadi Kelompok Perlindungan Anak (KPA),Berubah menjadi (KPAD) Kelompok Perlindungan Anak Desa,Peran KPAD berfokus pada tndakan pencegahan dengan melibatkan masyarakat,pemerintah dan anak secara bersama sama.Mereka membagi peran dan berkomitmen dalam pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak.
Maka terbentuklah KPAD di 15 desa .dan pemahaman  pemahamanya selalu didampingi,sampe ke penanganan kasus,Pada tgl 16 -11-12 di kirim anggota perwakilan 1 orang KPAD di tiap tiap desa (MAGANG KONSELOR) di hotel RIFKA ANISA Yogyakarta . Banyak pengalaman yang didapat.
Pada tgl 16-12-2012. Rapat pembentukan PERDES KPAD.diwakili dari 10 KPAD.Wilayah timur dan wilayah barat.Begitu ada tangapan dari pihak kabupaten maka membetuk FORUM KPAD ketuaKABUPATEN.FORUM KPAD di bentuk dari ketua  ketua KPAD dari 15 desa.Dibentuk di rapat PRESEDIUM,pada tgl 10-2-2013.Dari forum pertemuan merumuskn WISI” MISI.Dan AD/ART. Dan melakukan DEKLARASI di pendopo kabupaten tgl 25-2-2013.Tak lama kemudian PERDA PERLINDUNGAN ANAK di setujui di pemerintahan kabupaten.
Upaya menciptakan lingkungan yang aman bagi anak /remaja agar tumbuh dan berkembang sebagai  harapan masa depan bangsa dapat segerah terwujud.
KELOMPOK ANAK,KPAD ABDI PAMBAYUN DESA PESUNINGAN  Melakukan promosi hak anak dan perlindungan  anak:
1.Pertemuan desa.
2.Pertemuan PKK.
3.Pengajian.
4.Arisan
5.Ngobrol sama teman sebaya.
6.Pertemuan komite sekolah.
7.Posyandu.
8.Pertemuan kelompok anak,DLL 
Saya punya impian kabupaten kemumen beberapa tahun lagi bias seperti “RIFKA ANISA” semua permasalahan bias terselesaikan dengan muda,karena semua kasus dating sendiri,ada yang lewat sms, ada yang telpn, kepolisian sudah bekerja sama dan aparat pemerintahanya.
Jadi kita akan muda menyelesaikanya.karena semua permasalahanya dating sendiri tanpa kita mencari kasus. Dan mungkin akan lebih tentram dari segala galanya.karena sudah tidak ada lagi permasalahan tentang anak.
( Tri Sugini )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar