Kamis, 17 April 2014

Tips Mengenalkan pekerjaan rumah pada anak


Saat yang tepat untuk mengenalkan pekerjaan rumah pada anak adalah saat berusia 4 tahun. Pada usianya yang sekecil ini dia perlu diperkenalkan oleh rutinitas harian, tapi tidak juga terlalu muda baginya karena pada usia 4 tahun anak sudah dapat diajak berkomunikasi dengan baik.
     
    Berikut 3 cara memperkenalkan pekerjaan rumah pada si kecil tanpa membebani pikirannya: 

           1.   Fokus pada proses, bukan pada hasil.
  Orangtua sebaiknya mendukung upaya-upaya dini  anak prasekolah untuk               melibatkan diri dalam tugas rumah tangga. Caranya adalah dengan memfokuskan pada proses bukan pada hasil akhir. Ajakan yang lembut dalam menarik perhatian anak. Sekalipun anak tidak mengikuti anda bukan berarti anak tidak memperhatikan yang sedang anda kerjakan.

     2.  Peragakan cara yang benar.
Pada usia yang sangat muda, anak sedang berusaha mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Peragakan cara yang benar pada setiap tahapnya. Coyle menyarankan orangtua untuk memberitahu mana yang benar dan yang salah dengan komentar, “Ibu suka caramu merapikan piring bekas makanmu”. Meskipun piring yang diantar ke dapur oleh anak diletakkan ditempat yang kurang tepat. Tidak perlu memarahi atau menegurnya, anda hanya perlu mencontohkan dengan membawa piring bekas anda dan diletakkan ditempat yang benar.
 
      3. Buatlah komentar yang positif
Ibu berupaya dengan melontarkan komentar yang positif, misal; ibu benar-benar senang merapikan tempat tidur setelah ibu bangun dipagi hari. Komentar positif merupakan ekspresi perasaan anda yang memancing anak untuk melakukan hal yang serupa.

Jadilah orangtua yang berbangga karena memiliki anak yang cerdas dan mandiri...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar